Tanya :
Pada bulan Ramadan apakah perempuan yang istihadlah wajib membatalkan puasa sehingga wajib pula mengqadla’nya ?
Jawab :
Puasa merupakan rukun Islam yang ke 3, Puasa Ramadan merupakan suatu kewajiban yang diperintahkan oleh Allah kepada Hambanya, sebagaimana ayat Al-qur’an “Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas sebelum kamu agar kamu bertakwa” QS. Al: Baqoroh:183
Perlu diketahui bahwa dalam qaidah ushul fiqh, Hukum terbagi menjadi 2 bagian, yaitu hukum taklifi dan hukum wad’I. Dalam hukum wad’I, suatu hukum dapat dilaksanakan ketika sabab, syarat, intifaul mani’ telah terpenuhi. Dalam konteks berpuasa sabab adanya perintah berpuasa adalah ketika bulan ramadan telah tiba. Beberapa syarat puasa juga telah disebutkan dalam kitab-kitab fikih, yaitu islam, balig, dan berakal. Sedangkan kewajiban puasa ini dapat dilaksanakan ketika Intifaul mani’ yakni, tidak ada penghalang atau pencegah puasa seperti Makan, Minum, Jima’, haid, nifas, gila, dan beberapa hal lain yang menyebabkan terhalangnya seseorang untuk berpuasa.
Namun apakah istihadlah juga sama seperti haid dan nifas yang menjadi mani’ dari kewajiban puasa? Hampir setiap tahun, pertanyaan tentang mengqadla’ puasa bagi mustahadlah diatas sering dilontarkan oleh perempuan yang merasa dilema atas keabsahan puasanya. Tentu saja karena pada bulan ramadan, setiap muslim dan muslimat berlomba beribadah sebanyak-banyaknya untuk mengejar suatu kenikmatan dari Tuhan-nya.
Sebagaimana diketahui dalam kitab-kitab kuning, seperti dalam kitab al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab bahwa istihadlah merupakan darah yang keluar dari kemaluan perempuan diluar hari-hari haid dan nifas. Jadi ketika ada seorang perempuan yang mengeluarkan darah tidak mencapai sehari semalam (24 jam), atau mengeluarkan darah setelah 15 hari masa haid, atau mengeluarkan darah sebelum habisnya masa suci antara dua haid, maka perempuan tersebut dinamakan mustahadlah (perempuan yang istihadlah). Istihadlah termasuk hadats yang langgeng seperti halnya penyakit beser. Seorang perempuan istihadlah tetap mempunyai kewajiban sholat dan puasa sebagaimana perempuan yang suci. Oleh karena itu, jelas bahwa seorang perempuan yang istihadlah tetap berkewajiban sholat, puasa, dan ibadah-ibadah yang lain, maka dari itu tidak perlu mengqadla’ puasanya.
Wallahu a’lam bi as-shawab…
المجموع شرح المهذب ج 2 ص 417
[فَإِنْ اسْتَمَرَّ بِهَا الدَّمُ فِي الشَّهْرِ الثَّانِي وجاوز العادة اغتسلت عند مجاوزة العادة لانا علمنا بالشهر الاول أنها مستحاضة فتغتسل في كل شهر عند مجاوزة العادة بمرة وتصلي وتصوم] [الشَّرْحُ] هَذَا الَّذِي ذَكَرَهُ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ وَلَمْ يَذْكُرُوا فِيهِ الْخِلَافَ فِي ثُبُوتِ الْعَادَةِ بِمَرَّةٍ وَقَدْ سَبَقَ فِي الْفَصْلِ الْمَاضِي دَلِيلُهُ وَهُوَ أَنَّ الِاسْتِحَاضَةَ عِلَّةٌ مُزْمِنَةٌ فَالظَّاهِرُ دَوَامُهَا وَقَوْلُهُ علما بِالشَّهْرِ الْأَوَّلِ أَنَّهَا مُسْتَحَاضَةٌ يَعْنِي وَالظَّاهِرُ بَقَاءُ الِاسْتِحَاضَةِ وَقَوْلُهُ وَتُصَلِّي وَتَصُومُ يَعْنِي تَصِيرُ طَاهِرًا في كل شئ من الصوم والصلاة والوطئ وَالْقِرَاءَةِ وَغَيْرِهَا
روضة الطالبين وعمدة المفتين ج 1 ص 137
فَصْلٌ فِي الِاسْتِحَاضَةِ
الِاسْتِحَاضَةُ: قَدْ تُطْلَقُ عَلَى كُلِّ دَمٍ تَرَاهُ الْمَرْأَةُ غَيْرَ دَمِ الْحَيْضِ وَالنِّفَاسِ. سَوَاءً اتَّصَلَ بِالْحَيْضِ الْمُجَاوِزِ أَكْثَرَهُ أَمْ لَمْ يَتَّصِلْ، كَالَّذِي تَرَاهُ لِسَبْعِ سِنِينَ مَثَلًا. وَقَدْ تُطْلَقُ عَلَى الْمُتَّصِلِ بِهِ خَاصَّةً، وَيُسَمَّى غَيْرُهُ: دَمُ فَسَادٍ، وَلَا تَخْتَلِفُ الْأَحْكَامُ فِي جَمِيعِ ذَلِكَ، وَالْخَارِجُ حَدَثٌ دَائِمٌ، كَسَلَسِ الْبَوْلِ، فَلَا يَمْنَعُ الصَّلَاةَ وَالصَّوْمَ، وَيَجُوزُ وَطْؤُهَا،
أسنى المطالب في شرح روض الطالب ج 1 ص 102
فَصْلٌ) فِي الِاسْتِحَاضَةِ (كُلُّ مَا لَا يُعَدُّ حَيْضًا وَنِفَاسًا) مِنْ الدَّمِ الْخَارِجِ مِنْ الْفَرْجِ (فَهُوَ اسْتِحَاضَةٌ) سَوَاءٌ اتَّصَلَ بِالْحَيْضِ أَمْ لَا كَالْمَرْئِيِّ لِسَبْعِ سِنِينَ مَثَلًا وَهَذَا مَا صَحَّحَهُ فِي الْمَجْمُوعِ وَقِيلَ هِيَ الْمُتَّصِلُ خَاصَّةً وَيُسَمَّى غَيْرُهُ دَمَ فَسَادٍ وَعِبَارَةُ الْأَصْلِ الِاسْتِحَاضَةُ قَدْ تُطْلَقُ عَلَى كُلِّ دَمٍ تَرَاهُ الْمَرْأَةُ غَيْرَ دَمِ الْحَيْضِ وَالنِّفَاسِ سَوَاءٌ اتَّصَلَ بِالْحَيْضِ كَالْمُجَاوِزِ أَكْثَرَهُ أَمْ لَا كَاَلَّذِي تَرَاهُ لِسَبْعِ سِنِينَ مَثَلًا وَقَدْ تُطْلَقُ عَلَى الْمُتَّصِلِ خَاصَّةً وَيُسَمَّى غَيْرُهُ دَمَ فَسَادٍ وَلَا تَخْتَلِفُ الْأَحْكَامُ فِي ذَلِكَ (وَهِيَ حَدَثٌ دَائِمٌ) كَسَلَسِ بَوْلٍ وَمَذْيٍ (تُصَلِّي مَعَهُ) الْمُسْتَحَاضَةُ (وَتَصُومُ وَتُوطَأُ وَالدَّمُ يَجْرِي) كَسَائِرِ الْأَحْدَاثِ الدَّائِمَةِ قَالَ الزَّرْكَشِيُّ لَكِنْ يَنْبَغِي مَنْعُهَا مِنْ صَوْمِ النَّفْلِ لِأَنَّهَا إنْ حَشَتْ فَرْجَهَا أَفْطَرَتْ وَإِلَّا فَقَدْ ضَيَّعَتْ فَرْضَ الصَّلَاةِ بِخِلَافِ صَوْمِ الْفَرْضِ لِأَنَّهَا مُضْطَرَّةٌ إلَيْهِ وَمَا قَالَهُ قَوِيٌّ لَكِنْ ظَاهِرُ كَلَامِهِمْ يُخَالِفُهُ
الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع ج 1 ص 96
قَوْل فِي تَعْرِيف الِاسْتِحَاضَة (والاستحاضة هُوَ) الدَّم (الْخَارِج) لعِلَّة من عرق فِي أدنى الرَّحِم يُقَال لَهُ العاذل بذال مُعْجمَة وَيُقَال بِمُهْملَة كَمَا حَكَاهُ ابْن سَيّده وَفِي الصِّحَاح بِمُعْجَمَة وَرَاء (فِي غير أَيَّام) أَكثر (الْحيض و) غير أَيَّام أَكثر (النّفاس) سَوَاء أخرج إِثْر حيض أم لَا
والاستحاضة حدث دَائِم فَلَا تمنع الصَّوْم وَالصَّلَاة وَغَيرهمَا مِمَّا يمنعهُ الْحيض كَسَائِر الْأَحْدَاث للضَّرُورَة