Libur Idul Adha Pesantren Maslakul Huda mengadakan Fun Holiday Project bersama Sinau Space

Berita721 Dilihat

Pada liburan Idul Adha tahun ini, Pondok Pesantren Maslakul Huda Pati mengadakan serangkain kegiatan menarik untuk para santri. Selama dua hari berturut-turut, terhitung pada hari Selasa (25/07) dan Rabu (26/07), tim Sinau Space dari Yogjakarta mengajak teman-teman santri untuk belajar sambil bermain dalam kegiatan Fun Steam-R Project learning. Dalam momentum tersebut, tim Sinau Space merancang kegiatan simultan dengan pendekatan experiential learning yang berfokus pada siklus yang saling terkait satu sama lain dalam menciptakan pemahaman atas sebuah pengalaman.

Kegiatan Fun Steam-R project learning ini, dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori pertama yang ditujukan untuk kalangan junior; diikuti oleh santri-santri Mubtadi’in dan Mubtadi’at. Sedangkan kategori kedua ditujukan untuk kalangan peserta didik senior; diikuti oleh santri-santri PMH Putra dan Pesilba. Dalam kegiatan tersebut, tim Sinau Space mengunakan 4 unsur pendekatakan meliputi : a) Watching yaitu Proses penyampaian teori dan pesan serta gagasan, b) Thinking yaitu proses penyerapan teori konsep, c) Doing yaitu eksperimen aktif dan latihan melalui project, dan d) Feeling yaitu Refleksi dari pengalaman dan rencana aksi lanjutan pra dan pasca kegiatan.

Pada hari pertama, santri-santri Mubtadi’in dan Mubtadi’at diajak untuk mengikuti kegiatan membuat pop up book dengan tiga tema yaitu Sejarah Qurban, Hukum dan Syarat Qurban, dan Hikmah Berqurban. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kerja sama tim, critical thingking, dan kreatif para santri-santri. Kemudian pada hari kedua, para santri junior melaksanakan kegiatan eksperimental learning cycle. Kegiatan tersebut dilakukan secara berkelompok untuk membuat project antara lain project filter air, project sabun dari minyak jelantah, project lilin dari minyak jelantah, project robot burung mekanik, dan project kincir air pembangkit listrik. Untuk kegiatan hari kedua ini bertujuan untuk melatih kemampuan penemuan masalah, perencaan, aksi, dan mencoba.

Sedangkan para santri PMH Putra dan Pesilba pada hari pertama mengikuti kegiatan talkshow dengan tema future youth (siklus feeling dan watching). Kemudian diikuti dengan pelaksanaan project mine riset inovasi sosial. Pada kegiatan tersebut, santri-santri dituntut untuk melakukan penelitian dalam masalah sosial dengan skala kecil. Setiap masalah sosial yang ditemukan oleh santri, nantinya akan disampaikan pada setiap kelompok untuk kemudian didiskusikan tentang penyelesaian masalah yang diajukan oleh santri, sehingga selain belajar untuk bersikap kritis, santri dapat belajar dalam hal problem solving masalah tersebut dan menuangkannya dalam media tulis. Pada hari kedua, setelah menuangkan hasil mine riset terkiat inovasi penyelesaian masalah-masalah sosial, para santri dilanjut mengikuti project mengkampanyekan mine riset mereka dengan media tulis. Kemudian sesi penutupnya, tim santri yang paling aktif dan kreatif akan diberikan penghargaan oleh tim Sinau Space.

Semua kegiatan tersebut dilakukan dengan harapan terpenuhinya seluruh aspek penting dalam proses stimulasi melalui project, sehingga menjadikan pemahaman yang mendalam bagi santri-santri Maslakul Huda agar menjadi santri yang unggul secara intelektual maupun spiritual.

Pewarta : Khizam Ali, Anggota Departemen Jurnalistik & Media 23/24.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *