Ta’aruf dan Masa Orientasi Santri Baru Pesantren Maslakul Huda Ta. 2023/2024 M.

Berita879 Dilihat

Rabu (28/06) Pesantren Maslakul Huda mengadakan kegiatan Ta’aruf Santri Baru Ta. 2023/2024 M., yakni pengenalan terkait kepesantrenan terhadap santri baru. Santri yang mengikuti kegiatan ini mencakup santri baru PMH Putra, Pesilba, Mubtadi’in, dan Mubtadi’at. Sebanyak 177 santri tersebut dikumpulkan oleh panitia di tengah halaman Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda. Sebelum acara dimulai, panitia menayangkan video profil Pesantren Maslakul Huda sebagai pengenalan awal kepada santri baru.

Kemudian acara dibuka dengan pembacaan qoshidah munfarijah bersama yang dipimpin oleh K. Amiruddin, dan dilanjut dengan mau’idloh hasanah yang disampaikan oleh Pengasuh Pesantren Maslakul Huda, KH. Abdul Ghofarrozin, M. Ed. Pada kesempatan tersebut, Abah Rozin menyampaikan beberapa pesan sekaligus berdialog dengan para santri. Pesan yang disampaikan Abah Rozin antara lain sebagai berikut :

  1. Seluruh santri Pesantren Maslakul Huda hendaknya memiliki sifat al-hirsh fil ilmi, yakni rakus dalam mencari ilmu.
  2. Santri harus memiliki kebiasaan yang bersih dan rapi.
  3. Santri harus disiplin terhadap diri sendiri sekaligus disiplin terhadap orang lain di sekitarnya.

Ketiga pokok pesan Abah Rozin tersebut sebenarnya diberikan tidak hanya khusus kepada santri baru, akan tetapi kepada seluruh santri PMH pada umumnya. Dengan menjalani pesan-pesan diatas maka akan tercemin akhlak kesantrian yang baik. Begitu juga mengantarkan santri dalam menempuh belajar di pesantren agar memiliki niat yang benar, tidak melenceng dari tujuan awal mereka datang ke pesantren.

Selepas Abah Rozin memberikan mau’idloh hasanah, kemudian acara ditutup dengan do’a dan mushofahah bersama. Para santri baru banin mushofahah dengan KH. Abdul Ghofarrozin, dan santri baru banat mushofahah dengan Ibu Ny. Tutik Nurul Janah.

Rangkaian acara pembukaan telah usai, kemudian para santri diajak berkenalan satu sama lain dengan mengikuti games yang diadakan oleh panitia. Harapannya dengan bermain games tersebut santri dapat berkenalan satu sama lain dan sejenak melepas ingatan dan kerinduan akan kampung halaman. Para santri baru menikmati acara dari awal hingga usai dengan riang gembira. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini para santri dapat betah dan semangat mencari ilmu di pondok pesantren maupun sekolah Matali’ul falah yang menaunginya.

Pewarta : Vina Rahma Sania, anggota Jurnalistik & Media HIMAM 23/24.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *