Menyambut Santri Baru, Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda kembali adakan Tabassam 2024

Berita151 Dilihat

Kajen (11/5) – Pada hari Rabu 08 Mei 2024/ 29 Syawal 1445 H, sejumlah 25 santri banin dan 8 santri banat yang terdaftar sebagai santri baru Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda Fi Ushul al-Fiqh tahun ajaran 2024/2025. Mereka semua, tampak antusias untuk  mengikuti acara Ta’aruf Budaya dan Sistem Akademik Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda atau yang biasa disebut “Tabassam”.

Antusias santri baru terlihat saat mereka berbaris rapi di halaman Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda, bersiap mengikuti apel pembukaan. Secara simbolis, Tabassam 2024 dibuka dengan pemotongan pita oleh Musaid Mudir bidang Administrasi, Bapak Ahmad Khamim Jazuli, S.HI.

Selepas apel, santri baru melanjutkan serangkaian acara tabassam yang bertempat di auditorium Pesantren Maslakul Huda. Rangkaian acara tersebut adalah  sosialisasi-sosialisasi terkait Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda. Sosialisasi pertama diisi oleh Bapak Khamim Jazuli, Musaid Mudir bidang Administrasi, dalam kesempatan tersebut beliau menjelaskan tentang Keadministrasian dan Keuangan Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda. Dilanjutkan sosialisasi kedua, tentang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bagian Khidmah oleh Bapak Ahmad Turmudzi, M.A.

Mudir Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda, Bapak KH. Wakhrodi, M.S.I, turut hadir mengisi sosialisasi tentang Kepesantrenan dan Kema’hadalyan serta sosialisasi tentang Akademik dan Karya Kiai Sahal Mahfudh. Setelah istirahat sejenak yang diisi dengan ice breaking, sosialisasi dilanjutkan oleh Abu Ma’sum Al-Latifi selaku ketua HIMAM periode 2024/2025, tentang Organisasi Kesantrian.

Setelah jeda istirahat, sosialisasi dilanjutkan kembali oleh Bapak KH. Ahmad Mutamakkin, S.Pd.I tentang Kode Etik Santri dan Literasi Keuangan. Ditutup dengan sosialisasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat bagian Penelitian oleh Bapak Nurun Nada, M.A, sosialisasi hari pertama selesai.

Keesokan harinya santri-santri baru kembali mengikuti kegiatan seminar di auditorium. Pada kesempatan kali ini, narasumber seminarnya adalah Bapak Dr. KH. Ahmad Dimyati, M.Ag. adapun yang menjadi tema seminarnya merupakan  Santri sebagai Subjek Hukum. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan ziaroh ke makam Syaikh Ahmad Mutamakkin, makam KH. MA. Sahal Mahfudh, dan makam Nyai Hj. Nafisah Sahal. Untuk waktunya dilaksanakan oleh santri banin pada siang hari, dan oleh santri banat pada sore harinya.

Ditutup dengan sholat tasbih dan istighotsah di halaman Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda, Tabassam 2024 terlaksana dengan sukses.

Pewarta, Isnaini (Depertemen Jurmed)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *