26 Santri Ma’had Aly Maslakul Huda Dikirim ke MAN 02 Pati dan SD terpadu An-Nismah

Berita390 Dilihat

Mahally.ac.id. – Khidmah I merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh santri Ma’had Aly pesantren Maslakul huda fi Ushul al Fiqh semester 6 pada tempat tertentu selama bulan ramadhan ataupun syawal. Progam ini, sama seperti PPL (praktik pengalaman lapangan) oleh mahasiswa semester 6 pada umumnya. Progam khidmah I diselengarakan oleh Mudir Ma’had Aly pesantren Maslakul Huda agar santri-santri semester 6 bisa praktek mengajar pada lembaga pendidikan terpilih.

Hal ini bertujuan dalam meningkatkan mutu lembaga melalui kerjasama sesuai asas tridarma perguruan tinggi, yaitu kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, juga selaras dengan fungsi dan peran pondok pesantren yang meliputi fungsi pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat dengan menyebarkan nilai-nilai utama pesantren mencangkup nilai tafaqquh fi ad-din, shalih akram, serta al-muhafadzah ala qodim ash-sholih wal al-akhdzu bil jadid al-aslah.

 

Alhamdulillah, pada tahun ini sudah terselenggara progam khidmah 1 di dua titik yaitu SD terpadu An-Nismah dan MAN 02 Pati yang berlangsung mulai tanggal 24 maret – 15 April 2023 M / 02 ramadan – 24 ramadan 1444 H. Tahun ini, progam khidmah I diikuti oleh 26 santri dengan pembagian 17 santri di tempatkan pada Madrasah Aliyah Negri 02 Pati dan sisanya berada di SD terpadu an-Nismah.

 

Selama ramadan, santri santri yang bertugas di MAN 02 Pati menyelengarakan pengajian kitab taisir al-kholaq untuk membekali karakter dan akhlak siswa-siswa MAN dimana dewasa ini akhlak menjadi sesuatu hal yang penting diperhatikan, menimbang perkembangan zaman dan sebagainya. Selain itu, juga diadakan daurah fikih serta akidah dari kitab Fath al qorib, hujjah ahlussunah waljamaah, dan jauhar at-tauhid, untuk menambah pemahaman nalar beragama siswa-siswa MAN 02 Pati dalam ranah fikih dan akidah.

Sedangkan, para santri yang ditempatkan di SD terpadu An-Nismah, bertugas menemani adik-adik melalui kegiatan pesantren ramadan dan pengajian kitab ad durus fiqhiah, dalam rangka membekali pemahaman siswa dalam lingkup fikih.

Nantinya, para santri yang telah selesai melaksanakan tugasnya akan membuat laporan akhir terkait kegiatan Khidmah I yang telah dilakukan sekaligus sebagai syarat agar bisa menunaikan khidmah 2 pada semester 7 mendatang. Semoga kegiatan yang telah diselenggarakan tersebut, menjadi manfaat bagi semua pihak, aamin.

 

 

Pewarta : Khizam Ali, anggota Departemen Jurnalistik dan Media HIMAM 2023/2024 M.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *