Faktor yang Mempengaruhi Anak Santri Komplek C Bangun Kesiangan di Pesantren Ma’had Aly Maslakul Huda

Makalah187 Dilihat

 A. Latar Belakang Masalah

Komplek c merupakan bagian asrama putra di pesantren ma’had aly Maslakul Huda, dimana siang malam pun tidak memikat waktu untuk mengaji kitab-kitab kuning bersama kiyainya, sering juga musyawarah yang dilakukan bersama teman-teman di komplek. Komplek sendiri itu bisa di artikan sebagai tempat asrama yang terdiri dari beberapa kamar yang di sebut komplek.

Tidak semua santri disiplin dalam melakukan kegiatan di pondoknya. Bahkan banyak santri yang bangun kesiangan yang dapat mempengaruhi keberangkatan dan kegiatan saat jam perkuliahannya.

Dari permasalahan disini, saya sebagai penelitian ingin mengetahui apa faktor yang mempengaruhi santri bangun kesiangan di komplek c pesantren ma’had aly Maslakul Huda.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis merumuskan masalah yang merupakan dasar penelitian sebagai berikut :

  1. Apakah kegiatan di malam hari mempengaruhi tidur dan bangunya santri?
  2. Apa faktor yang mempengaruhi santri bangunya kesiangan?

C. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini sebagai berikut :

  1. Santri agar lebih disiplin lagi dalam mengatur waktu
  2. Santri agar bisa menjalankan kewajiban kegiatan di pondok sesuai peraturanya
  3. Santri agar bisa nyaman dalam belajar sesuai yang di kehendaki kiyainya.

D. Landasan Teori

Pondok Pesantren merupakan lembaga islami tradisional yang santrinya tinggal bersama-sama dan belajar ala santri yang sering di bimbing oleh kyai dan ustadz-ustadznya dan mempunyai tempat tinggal namanya asrama yang mencangkup komplek, setiap komplek terdiri dari beberapa kamar.

Komplek disini memiliki beberapa kamar yang dikelilingi oleh pagar biar dapat mengawasi keluar masuknya santri yang sesuai peraturan di pondoknya. Pesantren juga bisa di artikan sebagai pusat pendidikan pengajaran agama islam, biasanya dengan cara klasik, dengan metode kiyai mengajarkan ilmu agama kepada semua santri-santrinya dengan kitab-kitab yang di tulis dengan bahasa Arab yang di karang oleh ulama abad pertengahan.[1]

Dari pembahasan di atas, setiap santri belum tentu bisa mengatur kedisiplinan dalam waktu, mungkin ada beberapa yang saking kegiatannya sampai malam bisa mempengaruhi bengunya santri, tidak semua santri karna faktor tidurnya kemalaman atau begadang bisa mempengaruhi bangunya, mungkin ada yang udah biasa tidur malam yang merupakan bukan masalah bangun kesiangan dari semua itu tergantung dirinya masing-masing walaupun sudah ada yang membangunkan.

E. Kesimpulan

Sesuai yang telah di paparkan di atas bila mana kita sebagai santri mungkin bisa lebih disiplin lagi dalam mengatur waktu agar bisa terjaga tetap aktif dan maksimal dalam kegiatan belajar dari semua aktivitas di pondok biar mencapai tujuan yang kita inginkan bersama.

[1] https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pesantren Pesantren sekolah atau perguruan dalam budaya Jawa yang biasanya berbasis islami

 

Mizan Iktafa,

Santri Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda semester 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *