Generasi Santri Unggulkan NKRI

Kolom Santri747 Dilihat

Generasi Santri Unggulkan NKRI

Seringkali banyak orang yang beranggapan apa untungnya menjadi santri? Kalau jadi santri kelak akan berprofesi menjadi apa? Banyak sekali pertanyaan-pertanyan sedemikian rupa dari masyarakat. Akan tetapi harus kita ingkat bahwasannya zaman sekarang sudah banyak sekali generasi santri yang ikut andil dalam memajukan NKRI, salah satunya ang bisa kita lihat sendidi yaitu KH. Abdurrahman Wahid atau yang kita kenal dengan Gus Dur, beliau merupakan presiden ke-4 Republik Indonesia dan tentunya masih banyak lagi.

Sebelum menelisik lebih jauh tentunya kita harus mengetahui siapa itu santri? kita mengenal santri adalah sosok pelajar yang menimba ilmu dilembaga pendidikan agama yakni pesantren. Ketika melihat sepak terjang kemerdekaan NKRI tentunya santri mempunyai peran penting dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, salah satu bukti perjuangan santri dalam menjaga kesatuan NKRI adalah di deklarasikannya resolusi jihad pada 23 Oktober 1945 oleh Kiai Hasyim Asy’ari, yang mana satu hari sebelum resolusi jihad tersebut sekrang dikenang dengan hari santri nasional yaitu tepat pada tanggal 22 Oktober.

Santri memiliki kecenderungan untuk berfikir secara inklusif dan toleran terhadap perbedaan, karena santri diajarkan untuk menghargai keberagaman dan pluralisme. Selain itu, santri juga memiliki semangat nasionalime dan cinta tanah air yang tinggi, yang mana hal itu sudah ditanamkan dalam diri santri sejak dini. Karakter santri yang demikian rupa bisa menjadikan santri berperan aktif dalam memajukan NKRI menuju masa depan yang lebih baik. Dan tentunya kita bisa mengamalkan yang telah ada dalam al-qur’an surat ar-Ra’d penggalan ayat 11 yaitu

إن الله لا يغيرو ما بقوم حتى يغيروا ما بأنفسهم

Maksud dari penggalan ayat tersebut adalah bahwasaanya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan mereka sendiri, maka dari itu kita sebagai generasi santri harus menanamkan pada diri sendiri agar bisa bermanfaat bagi orang lain bukan hanya pada diri sendiri.

Melihat realitas perubahan zaman yang sedemikian rupa santri dituntut untuk mampu merespon perubahan yang ada dalam masyarakat. Banyaknya krisis moral yang semakin menjadi-jadi dapat mengikis keutuhan NKRI dan adanya pendidikan agama seperti pesantren menjadi salah satu solusi terbaik untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa ini. Maka dari itu marilah kita gerakkan bersama santri unggulkan NKRI.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *