Hukum Meletakkan Al Quran Berdampingan dengan Alas Kaki

Forum Diskusi922 Dilihat

Al Quran merupakan kitab suci umat islam yang mulia, memuliakan al quran bagi hukumnya wajib. Termasuk memuliakan al quran adalah menaruh Al Quran ditempat yang pantas contohnya di lemari. tidak memuliakan Al Quran bisa menjadikan orang itu menjadi kafir, contohnya seperti melempar Al Quran ditempat yang kotor.

أَجْمَعَ الْعُلَمَاءُ عَلَى وُجُوبِ صِيَانَةِ الْمُصْحَفِ وَاحْتِرَامِهِ فَلَوْ أَلْقَاهُ وَالْعِيَاذُ بِاَللَّهِ فِي قَاذُورَةٍ كَفَرَ

Ulama bersepakat tentang kewajiban menjaga dan memuliakan Al-Quran. Andaikan seseorang melempar nya di tempat yang kotor maka orang tersebut dihukumi kafir. (Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzab)
Lantas apakah menaruh barang diatas lemari yang didalamnya ada al quran termasuk tidak memuliakan Al Quran dan menyebabkan kekafiran?
Imam Abdul Hamid bin Al Husain dalam kitabnya Hasiyah As-Syarwani mengatakan :

وَقَعَ السُّؤَالُ عَنْ خِزَانَتَيْنِ مِنْ خَشَبٍ إحْدَاهُمَا فَوْقَ الْأُخْرَى كَمَا فِي خَزَائِنِ مُجَاوِرِي الْجَامِعِ الْأَزْهَرِ وُضِعَ الْمُصْحَفُ فِي السُّفْلَى فَهَلْ يَجُوزُ وَضْعُ النِّعَالِ وَنَحْوِهَا فِي الْعُلْيَا فَأَجَابَ م ر بِالْجَوَازِ؛ لِأَنَّ ذَلِكَ لَا يُعَدُّ إخْلَالًا بِحُرْمَةِ الْمُصْحَفِ قَالَ بَلْ يَجُوزُ فِي الْخِزَانَةِ الْوَاحِدَةِ أَنْ يُوضَعَ الْمُصْحَفُ فِي رَفِّهَا الْأَسْفَلِ وَنَحْوِ النِّعَالِ فِي رَفٍّ آخَرَ فَوْقَهُ سم عَلَى حَجّ قُلْت، وَيَنْبَغِي أَنَّ مِثْلَ ذَلِكَ فِي الْجَوَازِ مَا لَوْ وُضِعَ النَّعْلُ فِي الْخِزَانَةِ وَفَوْقَهُ حَائِلٌ كَفَرْوَةٍ ثُمَّ وُضِعَ الْمُصْحَفُ فَوْقَ الْحَائِلِ.

terdapat sebuah pertanyaan mengenai dua lemari dari kayu yang salah satunya lebih tinggi dari lainnya (bertingkat) seperti lemari yang berada di sekitar Universitas Al Azhar, orang orang meletakan mushaf dilemari bagian bawah apakah boleh meletakan sandal atau sepadanya dilemari bagian atasnya, Imam Ramli menjawab, “iya boleh”, karena hal seperti itu tidak dikatakan meremehkan/mencela kehormatan mushaf. Beliau berkata, “bahkan boleh meletakan mushaf di rak bagian bawah dan diatasnya terdapat sandal”. Begitu pula di perbolehkan menaruh sandal di bawah Al Quran yang ada penghalang di antara keduanya dalam satu lemari.

Kesimpulanya boleh meletakan sesuatu di atas lemari yang ada Al Quran nya selagi ada penghalang.

Majlis Musyawarah Ma’had Aly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *