Maslahah dalam Pengobatan Gratis dan Donor Darah

Artikel147 Dilihat

Dalam rangka memperingati haul KH. Mahfudh Salam, KH. Sahal Mahfudh dan Ibu Nyai Hj. Nafisah Sahal keluarga besar Pesantren Maslakul Huda mengadakan berbagai rangkaian acara, diantaranya ada pengobatan gratis dan donor darah untuk umum. Pesantren Maslakul Huda, bekerja sama dengan RSI Pati dan PMI Pati, dalam kegiatan pengobatan gratis dan donor darah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu, tanggal 04 oktober 2023 yang bertempat di gedung Ma’had Aly Maslakul Huda. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan layanan pengobatan gratis, pemeriksaan gratis kepada masyarakat terkait pemeriksaan tekanan darah, kolestrol, gula darah, asam urat, bantuan mendonorkan darahnya. Sasaran peserta dalam pengobatan gratis yaitu masyarakat Kajen RT 05, RT 06 dan sekitarnya dengan batas maksimal 200 peserta. Sedangkan yang dijadikan sasaran dalam permintaan peserta donor darah yaitu sasaran sekitar 100 relawan keatas.

Islam sangat memperhatikan tentang kesehatan manusia, mulai dari dasar pola hidup yang sehat, upaya menghindari penyakit, menjauhi penularan penyakit sampai pada perintah untuk berobat. Betapa pentingnya nikmat kesehatan, hingga Rasulullah saw pun bersabda:
مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ مُعَافًى فِي جَسَدِهِ آمِنًا فِي سِرْبِهِ عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا
Artinya, “Siapa saja di antara kalian masuk waktu pagi dalam keadaan sehat badannya, aman dalam rumahnya, punya makanan pokok pada hari itu, maka seolah-olah seluruh dunia dikumpulkan untuknya.” (HR Ibnu Majah).

Kesehatan itu sangat penting bagi kehidupan manusia, karena dengan hidup sehat semua aktivitas yang kita lakukan akan menjadi lancar. Maka dari itu kesehatan merupakan salah satu nikmat dan rahmat Allah SWT yang besar, yang terkadang sering kita lupakan. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ الله عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ، اَلصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ
Artinya, “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, dia berkata: ‘Nabi saw bersabda: ‘Ada dua kenikmatan yang kebanyakan manusia tertipu (lalai) padanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR al-Bukhari).

Dalam Islam menjaga kesehatan menjadi bagian penting dari prinsip-prinsip pemeliharaan pokok syariat (maqasid syari’ah) yang terdiri dari; pemeliharaan agama (hifdzud din), pemeliharaan diri/kesehatan (hifdzun nafs), pemeliharaan akal (hifdzul ‘aql), pemeliharaan keturunan (hifdzun nasab), dan pemeliharaan harta (hifdzul mal).

Perlu kita ketahui Donor darah adalah kegiatan atau proses pengambilan darah dalam jumlah tertentu dari seorang pendonor darah, yang kemudian darahnya akan dimanfaatkan untuk transfusi darah bagi yang membutuhkan. Tetapi Pendonor darah itu harus seseorang yang dalam keadaan sehat, tidak dalam kecanduan alkohol atau obat-obatan dan tidak memiliki riwayat penyakit berbahaya. Adapun tahapan dan persyaratan pendonor donor darah yaitu : (1) Peserta melakukan pendataan identitas, (2) Melakukan tensi darah oleh petugas PMI,(3) Pengecekan golongan darah, (4) Pendonor berbadan sehat dan tidak dalam keadaan sakit.

Manfaat dari donor darah, di antaranya dapat membantu menolong menyelamatkan nyawa orang lain, membantu regenerasi sel darah sehingga tubuh lebih sehat, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, menambah nafsu makan, menanamkan jiwa sosial, selain itu juga mengetahui perkembangan kesehatan sendiri. Kegiatan donor darah ini diharapkan bisa menjadi salah satu cara menjadikan diri bermanfaat bagi orang lain. Sesuai dengan hadits yang berbunyi:
خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ
Artinya “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (lainnya).”

Kedua pelaksanan kegiatan sosial yakni Pengobatan Gratis dan Donor dalam Rangka Memperingati haul KH. Mahfudh Salam, KH. Sahal Mahfudh dan Ibu Nyai Hj. Nafisah Sahal yang dilaksanakan pada hari rabu tanggal 04 oktober 2023 dan bertempat di di depan gedung Ma’had Aly Maslakul Huda yang beralamat di desa Kajen Kecamatan Margoyoso Pati dan Alhmdulillah pelaksanaan kegiatan tersebut terlaksana dengan baik. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelayanan pengobatan gratis pada warga desa Kajen dan masyarakat pada umumnya, serta menumbuhkan rasa kemanusiaan melalui kegiatan donor darah. Adapun tujuan lain kegiatan ini yaitu untuk mempererat tali silaturahim antara sesama Pesantren Maslakul Huda serta masyarkat sekitar yang sangat berantusias mengikuti acara ini. Semoga kedepannya Pesantren Maskakul Huda dapat melaksanakan kembali acara seperti ini.

Siti Khaerunisa,

Santri Semester 4 Ma’had Aly Pesantten Maslakul Huda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *